Tips Mengatasi Power Panas dan Protek


Menjadi Sound enginer ternyata sangat was-was ketika power amplifier yang kita gunakan dengan tiba-tiba panas dan protek dalam keadaan sedang dipakai. 

Penyebab terjadinya panas, baik panas sebelah atau keduanya bagi penguna doubel chenel rata-rata adalah ditandai dengan seperti lempengan pendingin tidak berfungsi kemudian lampu indikator protect (channel 2) nyala untuk waktu yang cukup lama (5-10') setelah itu indikator mati dan ada suara keras didalam power.
 
Kemanapun dan dimanapun sound enginering/joki pasti membawa peralatan darurat untuk mengecek apabila alat utama atau eksesoris yang kita pakai terutama Power amplifier kita blank dan protek. 

Berikut adalah tips untuk menanggulangi beberapa kendala mengenai panas atau protek versi Gemasound yang mungkin anda alami dan siap untuk memperbaiki dengan sigap dan tanggap.
  1. Lakukan pengecekan pada lempengan pendingin apakah benar-benar bekerja atau tidak.
  2. Setelah itu lakukan pengecekan pula pada transistor final, dengan melakukan pengecekan akan diketahui kebocoran arus DC di output power sebelum relay protektor power amplifiernya.
  3. Apabila ada letusan keras pada power biasanya ada komponen yang rusah lakukan pengecekan dan ganti dengan ukuran yang sama. 
  4. Bisa juga terjadi PCB yang keluar jalur, lakukan penjemperan, memang agak susah untuk power amplifier built up, tetapi itulah resiko yang harus kita hadapi.
Demikian sedikit tips untuk power amplifier yang panas dan protek semoga bermanfaat.
Advertisemet
Share on Google Plus

1 komentar: